Batik Monokrom dan Batik Kelengan

Batik modern adalah batik yang diproses dengan teknik baru. Batik modern dapat pula disebut sebagai batik kreasi baru. Dalam teknik batik modern menggunakan cara-cara modern yang tidak dikenal sebelumnya.  Warna-warna yang digunakan tidak seperti batik tradisional yang hanya menggunakan warna merah, sogan, biru dan hitam. Akan tetapi batik modern lebih banyak menggunakan warna-warna eksperimen (hasil percobaan). Ragam hias yang digunakan tidak mengandung simbol-simbol tertentu.
Batik Monokrom
Batik Monokrom

Batik Monokrom

Monokrom berasal dari kata mono dan chrom. Mono artinya satu atau tunggal, chrom artinya warna. Jadi monokromatik berarti memiliki warna tunggal atau satu warna. Oleh karena batik monochrome merupakan penerapan teknik batik dan pewarnaan dengan satu jenis warna pada kain. Proses perintangan zat warna pada kain dengan teknik batik cap, lebih ditekankan pada arah pembentukan motif batiknya dengan satu macam jenis zat warna yang disebut”monocolor”, yang penggarapannya lebih menekankan pada pengolahan motif atau coraknya agar penampilan lebih menarik. Tingkat kelebihan terletak pada bagaimana mengolah pewarnaan dari satu jenis warna dengan beberapa wujud intensitas yang dapat mendukung motif. Pengolahan pewarnaan yang baik akan mendukung motif dengan hasil yang lebih baik, walaupun hanya menggunakan satu jenis warna.

Ada 2 jenis batik monokrom yaitu :
1. Batik dengan warna putih pada bagian motif dan warna pada bagian luar motif.
2. Batik tua dan muda yang sejenis, yaitu batik dengan warna muda pada bagian motif dan warna tua pada bagian luar motif.

Proses pembuatan batik monokrom sama dengan pembuatan batik kelengan, hanya untuk warna yang dipakai bukan warna wedelan, tetapi warna-warna lain yang menyolok seperti: merah, hijau, violet, dan sebagainya. Berangkat dari proses pembuatan batik kelengan yang dikembangkan pada proses dan jenis zat warna dari wedelan menjadi zat warna sintetis. Zat warna reaktif yang diinginkan ialah jenis zat warna remasol atau procion dan zat warna naptol. Teknik batik ini dalam dunia pembatikan dimasukan pada proses pembatikan lain yang disebut batik monokrom. Batik monokrom jarang dijumpai di pasaran. Batik sekarang lebih cenderung kearah kombinasi warna. Monokrom dipandang salah satu proses pembatikan yang lebih banyak mengolah motif daripada warna.

Batik monokrom pernah menjadi trend motif 2015 di kalangan hijabers. Batik monokrom lebih elegan jika dipadupadankan dengan corak tekstil khas Indonesia lainnya. Batik monokrom dapat menjadi pilihan bagi wanita muslimah yang tetap ingin modis dan trendy.

Batik monokrom Sederhana tapi cocok jika dimodifikasikan dengan yang kain lain. Batik monokrom bisa dikreasi dengan padu padan busana yang ada dengan warna yang cocok. Misalnya memadukan motif persegi dengan batik Pekalongan bermotif bunga. dll.

Batik Kelengan

Batik Kelengan
Batik Kelengan



Batik kelengan merupakan teknik pembuatan batik tertua, yaitu cara pembuatan batik dengan satu kali celupan warna. Proses pewarnaan-nya sederhana, yaitu dengan cara menutup permukaan kain dengan malam (wax) menurut motif yang dikehendaki (dengan canting), kemudian dicelup pewarna batik. Batik kelengan hanya memiliki dua warna, dengan warna putih sebagai warna dasar kain.
Batik Monokrom dan Batik Kelengan Batik Monokrom dan Batik Kelengan Reviewed by Bumi Sasongko on 18.23.00 Rating: 5
Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.