Tips mencuci Batik agar tidak luntur

Cara yang benar mencuci batik agar warna batik tidak luntur
Cara yang benar mencuci batik agar warna batik tidak luntur
Batik merupakan kebanggaan tersendiri bagi yang memakainya, karena kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi warisan budaya leluhur, maka kita harus selalu menjaga kebudayaan batik ini, batik memiliki banyak kelebihan yang sangat unik. Dari mulai keunikan sejarah, motif, atau dari cara pembuatannya. Hal tersebut menjadikan batik memiliki tempat yang istimewa bagi bangsa Indonesia.

Baju batik adalah pakaian yang kainnya dibuat secara manual dengan teknologi yang berusia sangat tua, oleh sebab itu diperlukan perawatan yang benar yang berguna untuk menjaga kualitas warna batik agar tidak luntur.

Berikut ini Tips mencuci Baju Batik agar tidak luntur:

    Untuk baju batik yang tidak terlalu kotor, maka untuk mencucinya hanya dengan direndam menggunakan air hangat.  Sedangkan untuk batik yang kotor, misalkan bila terkena noda makanan atau minyak, maka bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk, Cara membersihkannya adalah dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk pada bagian yang kotor tersebut secara perlahan-lahan sampai bagian yang kotor hilang. sebaiknya saat membersihkan noda tersebut hanya dilakukan pada area batik yang kotor saja, setelah itu rendam baju batik dengan air hangat.
    Hindari mencuci baju batik dengan menggunakan sabun deterjen, karena deterjen memiliki sifat kimia yang keras sehingga dapat mengikis warna pada kain batik. Anda dapat menggunakan shampo rambut untuk mencuci baju batik atau bisa juga menggunakan produk khusus yang banyak dijual di toko maupun galleri batik, misalnya sabun lerak. Selesai dengan proses pencucian hindari mengeringkan kain batik menggunakan mesin pengering karena dapat mengakibatkan serat kain batik menjadi rusak.
    Untuk menjemur, letakkanlah di tempat teduh, dan biarkan batik anda kering dengan sendirinya secara diangin-anginkan. Dengan menjemur batik di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung agar dapat membuat warna batik tidak mudah pudar.
    Untuk merapikan dengan cara menyetrika maka disarankan dengan membalikkan batik yaitu bagian dalam berada di luar, dengan begitu dapat mencegah dari memudarnya warna batik, atau jika bagian luar sedikit kusut bisa disetrika dengan sebelumnya menempatkan kain bersih di atas batik terlebih dahulu. Saat menyetrika hindari penggunaan cairan pengharum karena bisa merusak warna pada corak kain batik tersebut.
    Setelah baju batik rapi simpanlah baju batik di lemari, bisa digantung menggunakan hanger atau hanya dilipat saja. Namun banyak orang menyarankan sebaiknya digantung. Untuk mencegah rayap di dalam lemari maka anda dapat menggunakan merica atau lada yang dibungkus tissue dan diletakkan di pojok-pojok lemari. Untuk perawatan batik tulis silahkan dibaca pada: "Tips dan Cara Merawat Batik Tulis"
Tips mencuci Batik agar tidak luntur Tips mencuci Batik agar tidak luntur Reviewed by Bumi Sasongko on 08.23.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.