Batik Printing

Proses pembuatan batik printing manual
Proses pembuatan batik printing manual

Batik Printing sebenarnya tidak bisa dikatakan sebagai karya batik, karena pada batik printing tidak melalui proses pebatikan dimana adanya proses perintangan warna dengan menggunakan malam. banyak yang mendefinisikannya secara berbeda, namun secara garis besar, batik printing adalah kain tekstil bermotif batik.

Batik printing merupakan kain tekstil bermotif batik yang dibuat melalui proses hand printing (manual printing) maupun printing dengan menggunakan mesin. Semua motif batik asli bisa dituangkan dalam Batik Printing, bahkan lebih bebas berkreasi dan tidak terbatas dalam hal warna.
Jika anda pernah melihat teknik pembuatan spanduk (sablon manual), nah batik printing ini tidak jauh beda dari itu. Cuman bahan warna yang digunakan jelas beda kualitas dan mutunya.

Berbeda dengan batik cap, batik printing ini hanya pada satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari batik printing ini relatif lebih mudah pudar.

Kelebihan dari batik printing adalah kecepatan dalam produksinya, karena sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan hasil sesuai dengan ukuran plangkan yang digunakan. Selain itu motif batiknya juga bisa lebih detail. Teknik batik printing umumnya digunakan oleh produsen batik untuk memenuhi seragam dalam jumlah yang cukup besar, sehingga biaya produksinya bisa lebih hemat.

Jadi jika Anda memiliki desain motif batik sendiri bisa dibuatkan dalam Batik Printing.

Biasanya Batik Printing dipilih karena :

1. Dibutuhkan kain motif batik dalam jumlah yang sangat banyak, untuk seragam sekolah, seragam perusahaan berskala nasional, dll.
2. Waktu produksi yang tersedia relatif sedikit yang hanya bisa dikerjakan dengan proses batik printing.
3. Warna yang konsisten pada Batik Printing (tidak berubah-ubah).
dan masih banyak alasan lain…

Ciri-ciri batik sablon printing adalah :
1. Motif bisa tidak berulang ataupun berulang sepanjang kain (fleksibel)
2. Desain bisa lebih detail
3. Warna pada kain hanya tebal (jelas) di salah satu sisi kain saja.

tapi tetap Batik Printing itu bukan Batik Asli..

Bagaimana Cara Order Batik Printing ? Cara Order Batik Printing bisa dilakukan di Sini.
Batik Printing Batik Printing Reviewed by Bumi Sasongko on 18.38.00 Rating: 5
Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.