Jenis Kain Bahan Batik

Kain Sutra
Kain Sutra

Harga batik dipasaran sangatlah beragam. Jika anda mencari kain batik yang berkualitas tentu harganya juga berbeda dengan kain yang biasa, untuk itu ada baiknya anda mengerti dulu tentang bahan-bahan yang biasa ada di pasaran. Apakah batik tersebut terbuat dari bahan sutera, katun prima, primisima, polisima, dobi, paris, atau shantung. Jenis-jenis kain tersebut ini berbeda-beda tekstur maupun bahan dasarnya. Berikut ini adalah beberapa bahan kain yang sering dipakai untuk membuat baju batik:


Kain mori adalah kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas. Ada dua jenis kain mori yang sering dijadikan kain batik yaitu kain mori yang telah mengalami proses pemutihan (bleaching) dan kain mori yang belum diputihkan yang biasa disebut kain blacu. Batik sebagian menggunakan bahan mori sebagai bahan utama yang mudah diproses. Kualitas kain mori sangat tampak pada kehalusan tekstur kain, sehingga kain mori tersebut selain dari cara membatik dari proses pembatikan juga akan mempengaruhi kualitas batik yang dihasilkan
Kain batik mori
Kain Mori

Kain katun adalah kain yang umum digunakan untuk batik. Kain katun ada beberapa tingkatan. Kain katun primisima lebih bagus dari katun prima,
Masing-masing katun tersebut ada beberapa tingkatan pula. Ada yang kasar dan tipis, lebih halus dan tebal dan paling tebal serta halus. Semua tergantung dari campuran serat kapas yang digunakan dalam pembuatan kain tersebut.

kain batik katun
Kain Katun


Kain Shantung (Rayon) teksturnya halus dan dingin. Shantung-pun ada bermacam tingkatan. Dari yang tipis hingga tebal. Kain katun lebih kuat seratnya daripada kain shantung.

kain batik santung
Kain santung

Kain Dobi bisa dibilang sebagai kain setengah sutera, ada beberapa tingkatan seperti halnya katun prima & primisima dari yang kasar hingga halus, ciri khas dobi terletak pada tekstur kasarnya. Jadi pada dobi yang paling haluspun kita akan merasakan serat-seratnya yang menonjol.

kain batik dobi
Kain dobi

Kain paris teksturnya lembut dan jatuh. Bahannya tipis dengan serat kain yang kuat. Kain paris pun memiliki tingkatan-tingkatan seperti kain-kain yang lain.
kain batik paris
Kain paris

Kain Sutera. Anda pasti tahu bahan dasar kain sutera dan mengapa kain sutera sangat mahal. Teksturnya lembut dan jatuh serta mengkilap. Sutra telah digunakan untuk pakaian yang istimewa. Saat mengenakan pakaian yang terbuat dari sutra, kita akan merasakan kenyamanan dan kelembutan dari bahan sutra tersebut.
kain batik sutera
Kain sutra

Kain Serat nanas. Serat nanas teksturnya kasar mirip dobi. Biasanya terlihat sulur-sulur pada kain tersebut dan mengkilap. Hampir semua kain mempunyai tingkatan dari yang paling kasar sampai yang paling halus. Tergantung dari pencampuran bahan dasar pembuatan kain.
kain batik serat nanas
Kain serat nanas

Jenis Kain Bahan Batik Jenis Kain Bahan Batik Reviewed by Bumi Sasongko on 18.24.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.